Selasa, 14 Agustus 2012


Berapa Pohon yang Tumbuh dari Program Penanaman 1 Milyar Pohon

MASIH jelas dalam ingatan kita, pada tahun 2010 dan 2011 pemerintah melaksanakan program andalan yang cantik yaitu program menanam 1 milyar pohon. Melalui Keputusan Presiden Nomor 24 tahun 2008 pemerintah menetapkan HMPI (Hari Menanam Pohon Indonesia). Semua jajaran pemerintahan mulai dari RT/RW hingga Menteri dilibatkan guna mensukseskan program ini.
Pada tahun 2010 Departemen Kehutanan melaporkan bahwa pohon yang berhasil ditanam mencapai 1,7 milyar pohon atau setara dengan 10.675.000 ton CO2. Sedangkan progran 2011 sudah berhasil menanam pohon 800 jutaan pada pertengahan program.
Salah satu tempat yang ditanami adalah sepanjang jalan propinsi. Setiap saya melewati jalan propinsi, saya sering menemukan papan nama bahwa di sepanjang jalan itu telah ditanami pohon jenis mahoni. Sayapun sering melirik ke pinggir jalan mencari-cari sudah sebesar apa pohon yang ditanam pada tahun 2011 lalu.
Ternyata jarang sekali saya menemukan pohon yang tumbuh. Kebanyakan dari pohon-pohon itu sudah mengering daunnya dan sebagian lagi sudah positif mati karena kekurangan air. Memang di wilayah saya kebetulan 10 bulan terakhir ini lebih sering kemaraunya.
Dengan program ini pemerintah berharap 5 hingga 10 tahun lagi Indonesia akan menjadi negara yang hijau, rakyatnya sejahtera karena tidak kekurangan simpanan air didalam perut bumi. Tetapi melihat kenyataan di lapangan, harapan itu tidak akan pernah tercapai, hanyalah  menjadi catatan sejarah saja.
Koreksi untuk pemerintah
Sepertinya program menanam pohon ini tidak berlanjut hingga tahun 2012 sekarang. Artinya dari jumlah yang berhasil ditanam pada program tahun 2010 - 2011 semakin hari semakin berkurang.
Jika pemerintah ingin menyelamatkan bumi dengan menanam semilyar pohon, maka saat ini langkah yang paling penting adalah menyelamatkan pohon yang sudah ditanam itu agar tidak mati dan terus tumbuh. Caranya adalah bisa dengan menggerakkan kembali RT/RW, Kades hingga Camat agar melakukan cek dan ricek ke lokasi tanam bibit tahun lalu. Jika didapati banyak pohon yang mati, maka
1) harus diambil tindakan dengan mengganti pohon yang mati dengan bibit baru.
2) membuat tim atau kelompok masyarakat yang bertugas mengontrol dan menyiram jika menemukan bibit yang butuh air.
3) kalau dianggap perlu berilah pupuk kandang.
Jika pemerintah membiarkan pohon menunggu turunnya hujan, maka saya bisa mengatakan bahwa 1 milyar pohon yang di tanam, yang tumbuh hanyalah separonya saja. Itu berarti kesejahteraan yang di cita-citakan 5 - 10 tahun lagi dari progran ini akan menjadi mimpi saja. Lebih buruk lagi jika seandainya 5 - 10 tahun banyak gedung bertingkat berdiri, sementara pohon-pohonnya ditebangi. Banyak pabrik-pabrik berdiri ditengan-tengah lokasi yang gundul.
Go Green, Wahai Pemerintah tugasmu belum selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar